Pusat Riset Energi Nasional Siap di Bangun Pertamina dan PLN

zehrabilgisayar.net, migas – Melalui kesepakatan bersama pusat riset energi nasional siap di bangun oleh PT Pertamina (Persero) dengan PT PLN (Persero). Dalam hal ini nama yang diberikan untuk pusat riset energi ini adalah Indonesia Energy dan Electricity Institute (IEEI).

Adapun maksud pembentukan IEEI ini adalah:
– Menjadi pusat riset energi mengenai tren teknologi dan perkembangannya,
– Membangun database yang digunakan untuk kegiatan riset dan kajian di bidang kebijakan dengan memperhatikan sumber daya alam Indonesia,
– Dan berperan aktif dalam advokasi di bidang energi sampai level global dari perspektif Indonesia dalam penyusunan regulasi.

Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri BUMN, dalam penandatangan nota kesepahaman antara Pertamina dan PLN, Jumat (13/11/2020), mengatakan IEEI diharapkan bisa menjadi salah satu national thought leader dan regional thought leader yang dapat digunakan sebagai basis dan rujukan riset-riset di sektor energi serta ketenaga listrikan dalam hal technical research, policy research, dan juga sebagai Global Platform Energy.

Supaya dapat tetap bertahan, Budi menilai perusahaan energi saat ini perlu melakukan transisi. Ia juga mengharapkan kedua perusahaan ini akan menjadi perusahaan yang dapat bertahan dalam melakukan transisi.

Selain itu, Budi juga berharap Pertamina dan PLN bisa melaksanakan studi bersama dan mempertajam organisasi yang dibentuk ini dengan memperhatikan berbagai isu terkini pada transisi energi serta transformasi dan digitalisasi energi.

Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) mengatakan bahwa IEEI diharapkan bisa memberikan lebih banyak pemikiran yang dapat digunakan sebagai transisi energi kedepan.

Pandemi Covid-19 saat ini sudah mengakselerasi transisi energi global sebegitu cepatnya sehingga Pertamina dan PLN sebagai garda terdepan dalam energi harus melakukan pergerakan bersama untuk menjawab tantangan ini, jelasnya.

PT Pertamina (Persero) dan PT PLN (Persero) akan memulai tahap awal dari riset dan teknologi.

Bahkan, Zulkifli Zaini, Direktur Utama PLN menyakini nantinya IEEI akan memberikan kontribusi untuk pengembangan sektor kelistrikan serta energi di Indonesia.

IEEI diharapkan bisa menjadi lembaga think tank yang menghasilkan report serta penelitian yang bisa memberikan kontribusi secara luas bagi pengembangan sektor listrik serta energi di Indonesia, jelasnya.