Pertamina Pastikan Pasokan Gas 3 Kg Untuk Bandung Sampai Garut Aman

zehrabilgisayar.net, migas – Melalui Marketing Operation Region (MOR) III, PT Pertamina (Persero) melakukan penambahan pasokan elpiji bersubsidi 3 kilogram (kg) di wilayah Bandung Raya dan Priangan timur secara bertahap mulai Selasa (27/10/2020).

Pasokan elpiji ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di momen libur panjang dan cuti bersama Maulid Nabi.

Eko Kristiawan, Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III, mengatakan  jumlah penambahan pasokan gas elpiji 3 kg untuk wilayah Bandung Raya dan Priangan Timur mencapai lebih dari 2.600 metrik ton (MT) atau sekitar 870.000 tabung.

Dimana angka tersebut setara dengan 7,4% dari rata-rata penyaluran gas elpiji normal harian yang lebih dari 35.000 MT atau sekitar 11 juta tabung.

Kami memprediksikan adanya peningkatan kebutuhan gas elpiji karena sebagain besar aktivitas masyarakat dan usaha mikro mulai kembali. Momen libur panjang juga turut mengambil peran akan meningkatnya kebutuhan memasak, terutama wilayah Bandung Raya dan Priangan Timur masuk dalam kawasan wisata, ucap Eko, Sabtu (31/10/2020).

Eko juga menjelaskan pada kondisi normal, rata-rata penyaluran gas elpiji 3 kg untuk wilayah Bandung Raya per harinya mencapai lebih dari 23.000 tabung. Wilayah Bandung Raya terdiri dari Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, serta Kabupaten Sumedang.

Sementara untuk wilayah Priangan Timur rata-rata penyaluran gas elpiji 3 kg per harinya mencapai lebih dari 12.000 tabung. Wilayah Priangan Timur terdiri dari Garut, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, dan Pangandaran.

Selain pasokan normal di atas, untuk wilayah Bandung Barat Pertamina melakukan penambahan pasokan elpiji 3 kg sebanyak 520.000 tabung. Sedangkan untuk wilayah Priangan Timur, penambahan juga dilakukan sebanyak 340.000 tabung. Penambahan pasokan gas elpiji ini dilakukan selama masa libur panjang dan cuti bersama Maulid Nabi, minggu ini.

Eko juga mengatakan, masyarakat yang berhak bisa membeli gas elpiji dengan mudah di pangkalan elpiji resmi Pertamina yang tersebar sampai di seluruh desa yang ada di wilayah Bandung Raya dan Priangan Timur.

Masyarakat yang membeli di pangkalan resmi Pertamina, akan mendapatkan harga sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Walikota atau Bupati yang berlaku, jelas Eko.