Harga Minyak Kembali Turun Setelah Aksi Mogok Kerja di Norwegia Berakhir

zehrabilgisayar.net, migas – Harga minyak kembali turun pada hari Jumat setelah aksi mogok kerja para pekerja minyak di Norwegia berakhir.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 49 sen, atau 1,13 persen, menjadi USD 42,85 per barel. Sementara minyak mentah West Texas Intermediate ditutup 59 sen, atau 1,4 persen, lebih rendah pada USD 40,60 per barel.

Perusahaan minyak Norwegia telah mencapai kesepakatan upah dengan pejabat serikat pekerja, mengakhiri pemogokan yang mengancam untuk memotong minyak dan gas negara itu hampir 25 persen di minggu depan. Negosiator untuk masing-masing pihak mengatakan kepada Reuters pada hari Jumat.

Kedua kontrak berada di jalur untuk kenaikan mingguan sekitar 10 persen. Kenaikan ini merupakan kenaikan pertama sejak tiga minggu terakhir.

Contango enam bulan Brent, struktur pasar di mana kontrak berjangka Brent bulan depan diperdagangkan dengan diskon untuk kontrak selanjutnya yang menyiratkan kelebihan pasokan saat ini, telah menyusut menjadi sekitar USD 1,90 per barel dari USD 3,24 kurang dari sebulan yang lalu.

Di Norwegia, kepala serikat yang memimpin pemogokan pekerja lepas partai mengatakan kepada Reuters bahwa ia berharap ada kesepakatan untuk menyelesaikan perselisihan upah dengan perusahaan minyak pada hari Jumat setelah pertemuan dengan seorang mediator.

Ekskalasi pemogokan bisa mencapai hampir tiga kali lipat dari pemadaman yang ada jika tidak ada solusi yang tercapai hingga 14 Oktober, sehingga total kapasitas yang dipangkas menjadi sekitar 934 ribu barel setara minyak per hari.

“Tak perlu dikatakan bahwa resolusi konflik akan menarik permadani dari bawah kaki banteng,” kata analis PVM dalam sebuah catatan.