Cicil Rumah dari Tapera, Bunga Cuma 5% ?

zehrabilgisayar.net, properti – Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat siap beroperasi. Badan ini akan mempermudah para pegawai negeri sipil hingga karyawan swasta untuk memiliki rumah pertama. Caranya peserta diwajibkan menyetor iuran sebesar 3% setiap bulan dari potongan yang dibagi bersama pemberi kerja.

Manfaat dari kepesertaan di BP Tapera ini salah satunya adalah bisa menyicil rumah dengan suku bunga yang terjangkau. Lalu berapa besaran suku bunga yang ditawarkan BP Tapera, lebih murah dari suku bunga bank?

Komisioner BP Tapera Adi Setianto memastikan peserta bisa mendapatkan suku bunga KPR yang lebih murah dibanding dengan program pembiayaan yang ada. Suku bunga KPR yang ditawarkan adalah sebesar 5%. Angka ini tentu lebih murah dibandingkan dengan rata-rata suku bunga KPR yang bisa mencapai 9%.

“Karena Tapera ini asasnya gotong royong, kita kelola, diharapkan kita bisa berikan suku bunga yang lebih murah, acuan kita FLPP, which is 5%,” ujar Adi dalam telekonferensi.

Adi pun memastikan program Tapera tidak tumpang tindih dengan program Manfaat Layanan Tambahan yang dimiliki BPJamsostek. “BPJamsostek ada MLT, tapi MLT suku bunganya masih agak tinggi,” katanya.

Suku bunga KPR tersebut nantinya juga berlaku bagi para pekerja pegawai swasta, meskipun pihak swasta bari diwajibkan bergabung BP Tapera paling lambat 2027.

“Swasta kan belum masuk di kita, tapi kita dapat arahan dari Kemnaker, nanti bagaimana integrasikan ini dengan BPJamsostek, jangan sampai ini nanti merugikan penabung,” tambahnya.

Adi kembali meyakinkan program BP Tapera juga dapat membantu masyarakat berpenghasilan rendah untuk terjangkau sektor keuangan. Menurutnya, selama ini belum semua MBR tersentuh oleh bank.

“Tidak semua masyarakat segmen MBR ini memiliki akses ke perbankan. Di BP Tapera akses untuk penyediaan rumah mereka bisa lebih mudah lagi, ini kan value juga buat temen-temen MBR,” tandasnya.