7 Pakan Alami Untuk Budidaya Belut

zehrabilgisayar.net, peternakan – Pakan alami berupa pakan yang didapatkan langsung dari alam berupa hewan atau binatang hidup yang biasanya didapatkan dengan cara menangkap atau hasil budidaya. Beberapa pakan alami untuk belut bisa dibudidayakan seperti cacing sutera, kutu air, bekicot, keong, cacing, dan belatung. Berikut ini ulasan lebih jelas mengenai pakan alami untuk belut.

  1. Cacing sutera

Salah satu jenis pakan yang terbilang mewah karena juga sering digunakan untuk pakan ikan hias. Cacing sutera bisa Anda dapatkan dari alam ataupun dari pembudidaya. Cacing sutera yang didapatkan dari alam biasanya masing mengandung beberapa parasit sehingga sebelum diberikan ke belut harus diberikan perlakuan khusus untuk menghilangkan penyakit serta parasitnya. Sementara, cacing yang didapatkan dari tempat budidaya lebih terjamin kesehatannya.

  1. Kutu air

Meskipun merugikan bagi manusia karena bisa menyebabkan penyakit kulit, kutu air menjadi sumber pakan belut. Kutu air bisa Anda dapatkan pada genangan air yang terlihat subur atau lewat pembudidaya. Untuk mendapatkan kutu air dari alam, Anda perlu mengambilnya dengan cara diserok menggunakan kain strimin.

  1. Belatung

Belatung yang diberikan harus hidup. Oleh karena itu, lebih sulit mendapatkan belatung hidup dari alam ketimbang membelinya langsung di tempat budidaya. Anda juga bisa membudidayakannya sendiri untuk menghemat biaya pakan. Budidaya belatung bisa dilakukan menggunakan ampas tahu, tepung ikan asin, dan pupuk urea.

  1. Bekicot

Bekicot sering dianggap hama oleh para petani karena memakan bagian daun tanaman. Jika dulu sangat mudah mendapatkan bekicot di sekitar daerah lembap, saat ini cukup sulit untuk mendapatkan bekicot dari alam. Anda bisa membudidayakannya sendiri untuk menghemat biaya pakan. Kelangkaan bekicot juga dikarenakan banyak orang yang mengolahnya menjadi kudapan.

  1. Cacing

Cacing tanah sangat mudah ditemui pada tanah humus, tempat pembuangan sampah, atau pada tepian sungai yang sudah bercampur dengan sisa sampah. Cacing yang didapatkan dari alam bisa Anda budidayakan agar Anda tidak perlu mencari untuk proses pemberian pakan beberapa hari ke depan.

  1. Kecebong

Kecebong atau berudu merupakan anak kodok yang sering dijumpai pada kubangan air. Anak kodok yang digunakan untuk pakan belut merupakan jenis katak hijau.

  1. Keong sawah atau keong mas

Binatang yang sering ditemukan di sawah ini bisa dijadikan pakan belut. Pemberiannya dilakukan dengan memisahkan bagian badan dengan cangkangnya. Binatang ini sering