Virus Corona Pemicu Harga Udang Turun

zehrabilgisayar.net, peternakan – Industri perikanan mulai terdampak akibat penyebaran virus corona. Harga jual udang vaname mengalami penurunan hingga Rp 10.000 per kilogram.

Biasanya udang vaname size 50 harganya berkisar Rp 67 ribu – Rp 70 ribu. Kini pembudidaya udang vaname menjual udang dengan harga Rp 60.000 perkilogram.

Pemilik Tambak Udang Vaname di Desa Karang Wangi,Cidaun, Cianjur, Jawa Barat, Dudi Setiadi mengatakan dalam kondisi seperti ini, para pembudidaya membutuhkan jaminan pasar dari pemerintah. Termasuk harga kebutuhan row material.

“Kami butuh jaminan pasar, kedua supaya harga row material ditekan paling tidak tetap jangan sampai naik,”kata Dudi.

Panen udang vaname di Cidaun jumlahnya mencapai 70 ton dari 15 kolam. Udang yang dipanen terbilang premium karena ukurannya cukup besar. Komposisinya 20-25 ekor per kg. Pasar udang vaname dari Ciduan ini adalah pabrik pengolahan perikanan di Indonesia.

Dia menyambut baik kedatangan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dalam momen panen udang. Sebab kedatangan pemerintah sangat relevan dengan kondisi ekonomi yang tak pasti imbas dari Covid-19. Pembudidaya harus diyakinkan agar tetap berproduksi.

“Karena misalnya saja suatu saat pasar betul-betul vakum, pemerintah harus turun tangan memberikan insentif dan semangat untuk kami tetap berbudidaya,”kata Dudi.

Dudi menambahkan pemerintah memang harus hadir agar masyarakat mendapatkan kepastian.” Untuk itu pemerintah harus hadir,” harap Dudi.