Cara Merawat Ikan Arapaiman Gigas Yang Benar

zehrabilgisayar.net, peternakan – Apakah anda tahu yang namanya ikan arapaima gigas? Yah!ikan arapaima gigas ini merupakan ikan air tawar terbesar didunia. Selain itu, ikan arapaiman gigas juga merupakan ikan hias, ikan arapaima ini berasal dari perairan tawar amazon. Arapaima ini merupakan ikan air tawar terbesar yaitu karena ikan arapaima ini memiliki tubuh sepanjang 3 meter dan berat bisa sampai 200kg.

Cara Merawat Ikan Arapaima Gigas Yang Benar

Ikan arapaima ini juga sudah ada berada di Indonesia. Dan bahkan ikan ini dijadikan suatu hewan peliharaan di rumah sebagai ikan hias di akuarium rumah, ikan ini sangat banyak digemari orang. Karena ikan arapaima ini merupakan salah satu ikan predator yang sangat ganas. Kenapa dibilang sebagai ikan predator? Yah! Karena ikan ini dapat merusak rantai makanan pada habitat aslinya yaitu perairan air tawar. Ikan ini sanggup menghabiskan ikan kecil yang berada disungai, maka dari itu ikan ini sangat tidak baik kalau dibiarkan salam disungai. Akan tetapi ikan ini memiliki harga yang sangat fantastis. Maka dari itu sekarang sudah banyak orang yang membudidayakan ikan ini dan merawatnya sebagai ikan hias.

Selain tubuhnya yang bagus, besar, menarik, dan memiliki warna yang sangat indah jika dijadikan ikan hias di rumah. Nah, bagaimana cara merawat ikan arapaima ini dengan benar? Pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana cara merawat ikan arapaima gigas dengan benar di rumah.

  1. Menyediakan media akuarium

Untuk merawat ikan arapaima gigas ini yang pertama kali harus anda lakukan yaitu menyiapkan akuarium. Seperti yang sudah kita ketahui ikan arapaima gigas merupakan ikan air tawar terbesar di dunia, ikan arapaima gigas ini bisa tumbuh mencapai panjang 3 meter. Maka dari itu untuk tidak membuang biaya sebaiknya anda membuat akuarium dengan ukuran yang besar. Anda bisa membuatnya dengan panjang 5 meter.

Selain itu anda harus memberikan akuariun anda seperti aeratordan juga filter. Agar air akuarium anda tidak mudah kotor dan dapat dengan mudah membersihkan airnya. Selain tiu anda juga bisa memberikan ornament seperti foto panorama bawah air yang bisa anda tempelkan di dinding akuarium. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa meletakkan batu koral lainnya di dasar akuarium agar akuarium anda terlihat lebih cantik dan menarik saat dilihat.

  1. Pemberian pakan dan perawatan

Yang terakhir adalah cara merawat ikan arapaima gigas yang benar yaitu dengan memberikan makanan dan perawatan seperti yang kita ketahui arapaima gigas merupakan salah satu ikan predator, ikan ini bisa memakan daging. Untuk itu anda bisa memberikannya seperti ikan kecil, jangkrik, udang. Selain itu untuk menjaga agar ikan ini memiliki naluri berburunya, alangkah baiknya anda memberikan ikan segar ataupun ikan hidup. Dan hindarilah memberikan makannya dengan kecoa ataupun cicak. Karena jika anda memberikan itu, maka ikan arapaima gigas anda bias terkena penyakit kapanpun saja bisa terjadi.

Selain pemberian pakan secara rutin, anda juga harus melakukan perawatan terhadap akuarium. Jangan sampai akuarium menjadi kotor dan airnya menjadi lumut. Jika itu terjadi sangatlah tidak baik untuk ikan arapaima gigas anda. Bisa saja ikan arapaima anda akan mati karena anda tidak memperhatikan kualitas air pada akuarium anda. Maka dari itu anda harus rutin mengecek akuarium anda untuk menjaga kualitas ait yang bagus.