Kenaikan Harga Rumah Di Medan Tercatat Paling Tinggi Se-Indonesia

zehrabilgisayar.net, properti – Kota Medan diperkirakan akan mencatatkan kenaikan harga rumah tertinggi se-Indonesia. Menurut Survei Harga Properti Residensial yang telah dikeluarkan oleh Bank Indonesia, pertumbuhan harga properti residensial di ibu kota Sumatera Utara tersebut sebesar 6,40 persen secara tahunan pada triwulan pertama 2020.

Meski Tertinggi, namun pertumbuhan ini masih dikatakan turun dibanding Kuartal IV-2019 sebesar 6.96 persen.

“Namun jika berdasarkan wilayah, kenaikan harga rumah tertinggi pada triwulan-2020 diperkirakan terjadi dikota Medan (6,40 persen),”tulis BI.

Di posisi kedua pertumbuhan harga tertinggi ditempati Kota Manado. BI memprediksi pertumbuhan harga rumah sebesar 1,76 persen. Angka ini terbilang lebih rendah dari perkiraan pada triwulan keempat 2019 yaitu 2,48 persen.

Kota Batam diperkirakan mengalami pertumbuhan harga sebesar -2,32 persen pada kuartal ini dibanding pada periode sebelumnya yaitu sebesar 0,25 persen.

Bank sentral memperkirakan pertumbuhan harga rumah meningkat namun sangat terbatas. Kondisi yang sama juga terjadi pada periode sebelumnya.

Indeks Harga Properti Residensial pada triwulan kuartal IV-2019 tumbuh 0,30 persen atau lebih rendah jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.

“Pada triwulan I-2020 pertumbuhan IHPR diperkirakan meningkat terbatas menjadi 0,43 persen,”tulis BI.