5 Jenis Ikan Kakap Yang Dapat Dibudidaya

zehrabilgisayar.net, peternakan – Ikan ini termasuk ikan yang harganya di atas rata-rata. Mahalnya harga ikan tidak terlepas dari dagingnya yang enak serta kandungan gizi yang baik untuk kesehatan.

Tingginya harga jual memberikan peluang bagi yang ingin membudidayakan ikan ini. Tetapi sebelum memutuskan untuk memulai usaha ini, ada baiknya kamu perlu tahu terlebih dahulu ikan kakap seperti apa saja yang dapat kamu budidaya. Pada umumnya masyarakat hanya mengenal 2 jenis ikan yaitu ikan merah dan ikan putih. Namun perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis ikan kakap lainnya. Seperti apa? Yuk ikuti berita dibawah ini.

1. Kakap putih

Ikan kakap putih memiliki fisik berupa bentuk tubuh yang memanjang agak pipih, lengkung punggungnya tinggi dan menurun tajam ke arah kepala serta tidak memiliki gigi. Ciri lainnya ia memiliki garis rahang melewati mata.

Panjang tubuh dari kakap putih dapat mencapai 170 cm dengan warna tubuh atas cokelat kehitaman dan bagian bawah putih keperakan. Pada sirip ekor dan bagian duburnya berwarna hitam.

2. Kakap merah

Pada dunia perikanan, ikan kakap dijuluki dengan ikan snapper. Walau memiliki banyak jenis, namun terdapat 3 jenis kakap yang dapat dibudidayakan yaitu Lutjanus argentimaculatus, L. Johnii, dan L. Altifrontalis. Jika dibandingkan dengan kakap putih, tubuh kakap merah cenderung lebih pendek dan lebar serta tubuh berwarna merah.

3. Kakap merah sejati

Julukan kakap merah sejati didapat karena warna tubuh dari kakap ini lebih merah jika dibandingkan dengan ikan kakap lainnya. Panjang ikan kakap merah sejati ini dapat mencapai 60 cm. Ujung tutup insang mencapai bagian bawah pangkal sirip punggung, sedangkan sirip dada dan perut dapat mencapai lubang anus. Ikan kakap merah sejati ini suka hidup di perairan yang berpasir dan berlumpur.

4. Jenahan

Ikan kakap yang satu ini memiliki julukan golden snapper. Hal ini didasari warna tubuhnya berupa bintik-bintik keemasan. Panjang tubuh ikan kakap ini mencapai 91.3 cm.

5. Ikan kakap batu

Ciri ikan kakap batu yaitu mata besar, garis rahang hanya mencapai garis tengah mata, warna tubuh bagian atas cokelat kemerahan serta ada sedikit warna perak di bagian kepala dan perutnya. Panjang tubuh ikan kakap ini hanya mencapai 32 cm, relatif lebih kecil dibandingan ikan kakap lainnya.