Cara Jitu Kementan Agar Usaha Tani Naik Kelas

zehrabilgisayar.net, pertanian – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyatakan akan terus mendorong pembangunan pertanian pedesaan untuk dapat menuju pertanian maju, mandiri dan modern. Salah satunya dengan menaikkan usaha tani menjadi skala bisnis.

Hal tersebut dapat terwujud melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat dan implementasi Komando Strategi Pembangunan Pertanian yang tepat.

“Peran itu nanti akan digerakkan oleh BPP sebagai pusat pelaksanaan Kostratani dengan mengekfektifkan penyuluhan dan meningkatkan keahlian para penyuluh pertanian,” ujar Syahrul.

lebih lanjut dirinya juga bercita cita agar satu Kostratani dapat memiliki satu pabrik yang dapat digunakan untuk memproduksi hasil tani dengan teknologi.

“Merica yang sering kita temukan di meja restoran, dengan intervensi teknologi dan pendampingan penyuluh ke depan hal seperti ini sudah bisa diproduksi oleh Kostratani. Cita cita kita bersama Kostratani memiliki satu pabrik,”ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Mentan juga menyerahkan bantuan pertanian untuk propinsi Sulsel dengan total 150 milyar dalam bentuk 50 unit traktor roda 4, 100 unit traktor roda 2, 100 unit pompa air, 30 unit combine harvester.

Ada pula bantuan 3,3 ribu ton benih padi, 2,7 ribu ton benih jagung hibrida, 180 ton benih kacang tanah, 338 benih kedelai, 25 ton benih kacang hijau serta pembagian KUR kepada 5 perwakilan Kelompok Tani.