Panduan Untuk Bubidaya Kuda Laut Secara Lengkap

zehrabilgisayar.net, peternakan – Kuda laut yang masih merupakan jenis ikan yang hidup di laut dari jenis Hippocampus dan famili Syngnathidae. Dan ukuran dari kuda laut ini sendiri sangat bervariasi yaitu sekitaran 16 mm hingga 35 mm. Dan untuk jenis kuda laut sendiri sedikitnya memiliki sekitar 54 jenis dan 9 jenis diantaranya dapat kita temukan di penjuru Indonesia.

Kuda laut yang diketahui dapat digunakan sebagai obat kesehatan ditangkap dari alam nya sekitar 20 juta ekor pertahunnya. Maka dari itu kuda laut saat ini memiliki harga jual yang terhitung lumayan mahal. Yang mana dikarenakan untuk kuda laut yang dijual akan dimanfaatkan menjadi obat- obatan tradisional ataupun hiasan untuk akuarium. Maka karena itu pada kesempatan kali ini akan kami bahas panduan dan cara budidaya kuda laut.

1 Pemeliharaan Induk Kuda Laut

Indukan kuda laut yang memiliki kualitas paling baik adalah yang didapatkan dari laut. Kemudian anda dapat pelihara indukan ini pada kolam yang sudah disiapkan dan jangan lupa pada bagian dalam kolam tersebut dipasangkan sebuah pyramid yang dibuat dari bambu ataupun ranting yang mana nantinya akan menjadi media untuk indukan meletakkan telur-telurnya. Untuk menjaga kuda laut dalam keadaan yang sehat maka harus diberikan pakan sebanyak 2-3 kali perharinya. Dan untuk pakannya sendiri bisa berupa udang jambret ataupun udang rebon.

2 Pemijahan dan Pengeraman Kuda Laut

Indukan kuda laut yang diletakan pada kolam ataupun akuarium dapat melakukan pemijahan secara alami tanpa harus membutuhkan dari manusia. Dan untuk telur hasil dari pemijahan akan dierami oleh kuda laut jantan. Induk kuda laut jantan yang sedang mengeram bisa dipisahkan atau pun boleh juga digabungkan saja karena pada dasarnya induk kuda laut jantan tidak akan saling mengganggu. Untuk pengeraman dari telur kuda laut sendiri bisa mencapai sekitar 10 hari atau lebih karena tergantung pada kondisi telur yang dierami sang pejantan kuda laut. Selama proses pengeraman yang harus diperhatikan adalah sebaiknya induk jantan dihindarkan dari hal yang dapat menyebabkan stres karena akan berpengaruh pada Juwana atau anakan kuda laut yang sedang dierami sang pejantan karena jika indukan jantan stress hal yang bisa terjadi pada juwana yaitu akan dikeluarkan lebih awal oleh pejantan atau bisa juga disebut Juwana prematur.

3 Kelahiran Juwana atau Kuda Laut Muda

Untuk indukan jantan yang melakukan pengeraman jika sudah memasuki hari ke 9 sudah dapat dipisahkan dari kolam hal tersebut karena pada hari ke 10 juwana atau kuda laut mudah akan dikeluarkan oleh pejantan dari kantong tubuhnya. Untuk pengeluaran juwana dari kantong indukan jantan biasanya akan berlangsung pada malam hari. Setelah semua juwana dikuluarkan dari kantong pejantan maka indukan jantan sudah dapat dipindahkan kembali ke kolam pemeliharaan.

4 Penebaran Benih dan Pemberian Pakan Kuda Laut

Untuk juwana muda dapat hidup dengan baik di kolam yang terlindung maupun tidak dari sinar matahari langsung. Sedangkan untuk pakan yang bisa di berikan untuk juwana yaitu Nauplii Copepoda, Artemia, dan juga Fitoplankton. Juwana yang memiliki umur 5-8 hari akan lebih baik jika diberi pakan berupa Nauplii Copepoda sedangkan Juwana yang sudah memiliki umur sekitar 14 hari sebaiknya diberikan pakan Artemia. Pemberian pakan di usia 1-15 hari ini sangat penting peranannya untuk juwana. karena untuk Juwana pada usia tersebut sedang mengalami masa pertumbuhan yang sangat pesat.