Peluang Usaha Budidaya Pertanian yang Bisa Dilakukan di Rumah

www.zehrabilgisayar.net, pertanian –  Indonesia sejak dulu terkenal dengan tanahnya yang sangat subur sehingga banyak sekali orang yang berbisnis di sector pertanian. Yang mana kita tahu pertanian merupakan kebutuhan pokok masyarakat maka dari itu  50- 60 masyarakat lebih senang bergerak di sektor pertanian.

Tanaman padi merupakan tanaman yang paling banyak di tanam oleh masyarakat karena padi merupakan bahan dasar dari beras yang akan dimasak menjadi nasi. Dan masyarakat Indonesia sendiri mayoritas mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok sehari-hari. Namun untuk menanam padi harus memiliki lahan yang luas sedangkan kita yang usaha dirunah hanya memanfaatkan lahan sempit seperti pekarangan rumah. Nah  usaha bidang pertanian apa saja yang bisa kita lakukan dirumah ? nah bagi anda yang berminat mencobanya untuk mendapatkan penghasilan tambahan pada kesempatan kali ini akan kami berikan beberapa contoh bidang pertanian yang bisa anda lakukan di perkarangan rumah yang akan kami bahas di bawah.

1 menanam cabe

Cabe yang merupakan salah satu bahan makanan yang sangat banyak dicari baik hanya untuk rumah tangga ataupun warung makan. Bahkan harga cabe sempat mencapai Rp 100.000 – Rp 120.000 yang dikarenakan banyak petani yang gagal. Maka untuk menyisiasati masalah ini pemerintah sempat menganjurkan setiap warga menanam cabe di perkarangan rumah. Namun menurut pandangan sebagian orang ini bukan merupakan sebuah solusi tetapi jika kita telusuri lebih jauh justru menanam cabe ini bisa menjadi usaha rumahan di bidang pertanian yang sangat menguntungkan, sebab cara penanaman nya yang sangat mudah dan tidak membutuhkan lahan yang luas.

Mengapa memilih vabe untuk usaha di rumah? Tentunya ada alasan mengapa sebaiknya anda memilih usaha budidaya tanaman cabe di rumah seperti akan kami jelaskan di bawah.

  • Tanaman Cabe memiliki potensi pasar yang tinggi.

Cabe yang merupakan bumbu penting dalam sebuah masakan karena tanpa cabe masakan akan terasa hambar. Maka tidak heran jika cabe selalu dibutuhkan orang setiap harinya untuk masakan.  Potensi pasar tanaman cabe sangat tinggi dikarenakan berbagai jenis cabe seperti cabe merah, cabe hijau, cabe keriting, dan cabe rawit juga dibutuhkan setiap orang di seluruh Indonesia.

  • Tanaman Cabe Sangat Menguntungkan

Yang mana kita tahu cabe memiliki harga yang sangat setabil dan tidak pernah turun begitu rendah namun pada kondisi tertentu yakni ketika banyak petani cabe yang gagal panen harga cabe akan melambung sangat tinggi maka dari haltersebutlah budidaya cabe sangat menguntungkan untuk dijalankan.

  • Sangatlah Mudah Untuk Menanam Cabe

Tanaman cabe bisa anda tanam di lahan yang sempit seperti perkarangan rumah. Dan juga teknik penanaman cabe boleh terbilang sangat mudah dan sederhana sekali.

  • Teknik penanaman cabe hanya di bagi menjadi tida bagian yaitu pemilihan bibit, penyemaian , dan penanaman bibit cabe. Untuk pemilihan bibit dan penyemaian merupakan proses agar mendapatkan cabai yang berkualitas. Namun jika anda tidak ingin repot saat ini sudah banyak penyedia bibit cabe dalam bentuk kemasan yang mana dengan begitu anda bisa langsung memulai usaha pertanian yang ingin anda lakukan.

2  Menanam Kangkung

Kangkung yang memiliki nama latin Ipomoea Aquatica Forsk merupakan tanaman yang sangat terkenal sekali di Indonesia.dan untuk jenis kangkung yang banyak di konsumsi adalah kangkung darat dan air dengan gizi yang hampir sama. Untuk usaha di bidang pertania ini sagatlah mudah dan cukup cepat masa panennya karena hanya membutuhkan 4 – 6 minggu dari bibit hingga waktu panennya.

Maka apabila anda ingin menjadikan kangkung sebagai usaha rumahan dalam bidang pertanian anda bisa memakali baskom sebgai media tanam dengan teknik hidroponik proses penanaman tidak sulit. Karena anda hanya  perlu mempersiapkan bibit kangkung hidroponik, pupuk, ZPT(Zat Pengatur Tumbuh)baskom maka anda sudah bisa memulai usaha budidaya tanaman kangkung di rumah.

3 Menanam Jahe

Jahe yang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh manusia maka tidak heran harga jahe di pasaran memiliki harga yang sangat tinggi. Dan jahe sangat cocok untuk anda yang senang di bidang pertanian. Untuk jenis jahe ini sendiri dibagi menjadi tiga jenis dengan harga yang bervariasi seperti jahe gajah dengan harga Rp12.000- Rp15.000/kgnya, jahe emprit dengan harga Rp4.000- Rp 7.000 dan juga jahe merah dengan harga Rp18.000 – Rp 20.000 /kg dengan patokan harga pengepul.

Selain anda menjadikan jahe sebagai usaha sampingan di rumah jahe bisa anda konsumsi juga karena dengan mengkonsumsi jahe memiliki banyak sekali manfaat yang bisa anda dapat seperti  melancarkan peredaran darah, mengobati masuk anginmengobati demam , menurunkan berat badan, dan masih banyak lainnya.

4 Menanam Bawang Merah

Usaha bidang petanian lainnya yang bisa anda lakukan adalah menanam bawang merah dengan media polybag. Untuk proses penanamannya sendiri juga terbilang sangat mudah, anda cukup mempersiapkan tanah, polybag, bawang merah dan pupuk yang dibutuhkan. Namun sebagai seseorang yang baru saja ingin memulai di bidang pertanian rumahan ada  beberapa hal yang harus anda perhatikan. Salah satunya waktu untuk menyiram tanaman dilakukan pada pagi atau sore hari, letakanlah di tempat yang terkena cahaya matahari dan pastikan tidak terkena air hujan jika hujan. Karena tanaman bawang akan mati jika terkena air yang berlebihan.