Budidaya Tanaman Lada

www.zehrabilgisayar.net, pertanian – Lada yang murpakan salah satu jenis rempah Indonesia yang biasanya disebut Merica dan biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur.  Budidaya lada tidak selamanya memerlukan  lahan yang luas karena saat ini budidaya lada jenis perdu tidak memerlukan tiang panjat. Namun untuk jenis tanaman lada perdu ini masih belum begitu dikenal masyarakat Indonesia yang dikarenakan kurangnya informasi yang didapat padahal lada perdu bisa lebih menguntungkan ketimbang budidaya lada rambat.

Pemerintah juga sangat mengharapkan dengan budidaya lada perdu di daerah-daerah agar dapat meningkatkan produktifitas lada nasional. Karena budidaya lada perdu juga memiliki bebrapa keungulan dibandingkan lada rambat yaitu biaya lebih murah, tidak memerlukan tiang panjat, budidaya yang murah, perawatan yang mudah, peruses pemanenan yang tidak perlu mengunakan tangga, hasil panen yang lebih banyak, lebih cepat produksi, dapat dipanen pada umur dua tahun. Dan selain itu  tanaman lada perdu ini dapat juga ditanam dengan cara tumpang sela dengan tanaman tahunan atau musiman. Tumpang Sela merupakan system tanam dengan menam tanaman di antara sela tanaman lainnya maka dari itu lada perdu lebih menguntungkan dan lebih ekonomis bahkan lebih mudah pembudidayaan dan menjanjikan.

Dan dibawah ini sedikit penjelasan cara budidaya lada perdu yang sangat menguntungkan.

1 Menyiapkan Bibit Lada Perdu

Lada merupakan tanaman yang dapat di kembangkan dengan cara generative atau dengan mengunakan biji namun pada umumnya tanaman lada lebih banyak dikembangkan secara vegetative yaitu perbanyakan melalui stek cabang. Untuk memilih bibit lada perdu yang baik dan unggul yang harus diperhatikan adalah  cabang yang produksi dan menyamping,bibit yang di pilih juga harus terbebas dari penyakit seperti daun keriting, ambilah atau potong bibit 4-6 ruas dari ujungnya, yang terakhir remdam bibit menggunakan air kelapa untuk merangsang akar.

2 Mempersiapkan Wadah Tumbuh Lada Perdu

Mempersiapkan wadah untuk menanam lada perdu yang mana biasanya mengunakan polybag dan  di isi dengan tanah dembur yang dicapur dengan pupuk kandang kalus atau yang sudah di ayak sehingga menjadi lebih halus.

Untuk media tanamnya capur dan aduk pupuk dan tanah dengan perbandingan 1:1 atau tanah yang digunakan sama ukurannya dengan jumlah pupuk setelah itu isi kedalam polybag dengan ukurang ½ Kg karena biasanya ukuran polybag tersebut sudah pas dengan ukuran lada.

3 Cara Menanam Bibit Lada Perdu

Ambillah bibit lada yang telah di rendam sebelumnya, potong ruas dan sisakan  3-4 ruas saja, buang daun pada bibit dan sisakan hanya 2-3 lebar daun, potong setengah daun tersebut yang mana tujuan nya adalah mengurangi penguapan, rendam calon akar atau ruas -+ 5 menit kedalam perangsang akar ( Roton f) ataupun dengan bawang merah, beri lubang pada polybag dengan mengunakan kayu, setelah itu masukanlah bibit kedalam tanah dan tekan  siran jika sudah merasa bibit benar- benar pas ada tanamkan letakan ditempatyang tidak terkena cahaya matahari langsung, maka anda tinggal menunggu1-2 minggu  sampai bibit memiliki akar.

4 Memindahkan Bibit Lada ke Lahan Tanaman

Siapkan lahan yang akan di pergunakan untuk menanam bibit lada perdu, usahakan tidak sepernuhnya bibit terkena paparan sinar matahari langsung, buatlah lubang sedalam polybag,siapkan pupuk kompos dan air, koyak polybag dengan mengunakan pisau atau cater secara perlahan agar tanah didalam polibek tidak pecah, letakanlah bibit pada lubang yang sebelumnya sudah di persiapkan  dan masukan pupuk dan siram dengan air.

5 Cara Perawatan Tanaman Lada Perdu

Penyiangan

Tanaman harus selalu bersih dan terbebas dari gulma yang bisa anda lakukan dengan cara penyiangan terbatas yaitu hanya menyiangi gulma di sekitar batang

Perompesan Bunga

Tanaman lada biasanya sudah akan berbunga saat umur -+1 bulan setelah di pindahkan  kelapangan namun bunga tersebut harus dibuang sampai umur tanaman -+ 1,5 tahun yang mana tujuannya untuk dapat mempercepat pertumbuhan vegetatif.

Penyiraman

Penyiraman sangatlah penting diperlukan pada awal penanaman dan setelah tanaman cukup kuat anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan tanaman.

Pemupukan

Untuk pemupukan dapat disesuaikan dengan kebutuhan tanaman tersebut

6 Penanggulangan Hama dan Penyakit Pada Lada Perdu

Untuk mencegah tanaman terkena hama atau penyakit dapat dilakukan penyemprotan pestisida sebanyak satu kali sebulan atau sesuaikan dengan kondisi kebutuhan tanaman tersebut.

7 Penen Lada Perdu

Lada perdu akan mulai menghasilkan pertama pada umur dua tahun dan untuk selanjutnya panen dapat dilakukan setiap bulan hinga tanaman berumur 10 tahun dan itu semua juga tergantung dari system peneliharaannya dan biasanya di panen pertama -+ 200g lada kering perpohonnya namun akan terus meningkat terus di panen berikutnya. Untuk jangka waktu panen berikutnya juga tergantung dari jenis lada yang akan dihasilkan.