Para Peneliti Terkejut Melihat Beruk Suka Makan Tikus

www.zehrabilgisayar.net,Pertanian – Para peneliti terkejut melihat kera ekor babi atau yang lebih dikenal dengan nama Beruk yang suka makan tikus. Menurut pantauan para peneliti Beruk ini dapat dimanfaatkan untuk membasmi para tikus yang merupakan hama bagi tanaman di perkebunan kelapa sawit.

Salah seorang peneliti yang bernama Nadine Ruppert, ahli ekologi dari universitas Sains Malaysia yang sekaligus anggota tim peneliti, merasa terkejut melihat pertama kalinya beruk memakan tikus yang ada di perkebunan kelapa sawit.

“Saya tidak menyangka mereka memburu tikus-tikus yang ukurunya yang tergolong besar dan langsung memakannya. Karena setahu saya beruk ialah hewan primata yang memakan buah-buahan dan termasuk kelapa sawit. Namun ternyata bukti berkata lain. Sambungnya.

Sesungguhnya beruk dianggap sebagai hama bagi tanaman sawit, Namun menurut riset ini beruk ternyata tidak menyebabkan banyak kerugian pada perkebunan kelapa sawit. Bahkan prilaku mereka yang suka memangsa tikus ternyata sangat lebih bermanfaat.

Hasil penelitian ini juga telah di publikasikan dalam majalah Current Biologi Magazine pada edisi 21 oktober 2019.

Para peneliti mengungkapkan para beruk akan membuka rongga atau celah-celah batang kelapa sawit tempat tikus bersembunyi pada siang hari. Bayangkan saja satu kelompok beruk mampu menangkap tikus sebanyak 3000 ekor setiap tahunnya.

Dalam riset yang dilakukan para peneliti, kehadiran beruk tentunya memberikan dampak positf dan bisa menurunkan jumlah populasi tikus hingga 75%. Berati Beruk bisa di manfaatkan untuk mengganti zat kimia yang selama ini digunakan untuk membunuh para tikus. Temuan ini tentunya akan menjadi kabar baik pada pengusaha kelapa sawit.

Anja Widding salah satu dari anggota tim penliti mengharapkan temuan ini akan mendorong kepada pemilik perkebunan kelapa sawit swasta dan pemerintah untuk melindungi primata aslinya serta habitat aslinya dihutan.

Hal ini akan mengarah pada win-win solution untuk keberagaman hayato dan indistri kelapa sawit. Ungkapnya.