7 Jenis Ikan Hias Yang Dapat Kamu Pelihara

www.zehrabilgisayar.net, peternakan – Bagi anda yang merupakan pecinta hewan tentu sudah tidak asing lagi dengan ikan hias. Ikan hias selalu menjadi ikan yang dicari semua orang baik itu untuk dipelihara saja maupun dijadikan sebagai bisnis. Ada banyak sekali variasi yang dapat anda pelihara dan bahkan ada ikan yang jika dijual akan memiliki harga fantastis. Ikan hias ini memiliki perawatan yang mudah dan bahkan tidak makan tempat. Ada 2 jenis ikan hias yaitu ikan hias air tawar dan ikan hias air asin.

Ada banyak sekali ikan hias air tawar yang bisa anda jumpai di Indonesia bahkan sudah menjadi ikan yang di ekspor. Ikan hias bukan hanya sebagai peliharaan yang mempercantik rumah tetapi juga sebagai tempat budidaya yang menguntungkan karena ikan-ikan ini dijual dengan harga yang tinggi. Adapun beberapa ikan hias yang dapat anda pelihara.

1. Ikan Arwana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan ikan yang 1 ini. Ikan ini merupakan salah satu ikan yang terpopuler bagi para pecinta ikan hias. Ikan ini sering disebut sebagai ikan naga (dragon fish). Ikan arwana memiliki bentuk indah dan unik. Ikan ini memiliki varian warna yang sangat cantik, memiliki dua buah sungut yang berfungsi untuk memberikan sensor getar untuk mengetahui posisi mangsa maupun musuhnya.

Ikan arwana sendiri memiliki beberapa jenis seperti ikan Arwana Super Platinum hingga Ikan Arwana Irian. Ikan arwana dijual mulai dari harga Rp 150.000 hingga 5,7 miliar.

2. Ikan Koi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ikan hias tawar ini merupakan salah satu jenis ikan yang berasal dari Jepang. Di Jepang ikan ini terkenal dengan ikan persahabatan atau kasih sayang. Ikan Koi juga dikatakan sebagai ikan hias dengan tujuan memberikan keindahan dan keberuntungan. Untuk memelihara ikan ini dibutuhkan penanganan khusus. Wajar saja karena ikan ini termasuk ikan yang cukup mahal dan tergolong hewan omnivora. Ikan ini langsung di impor dari Jepang dan dijual dengan kisaran harga 1 juta/ekor nya.

3. Ikan Diskus

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ikan ini merupakan ikan yang sangat jarang kita kenal karena ikan ini termasuk jarang kita temui di toko maupun di tempat para pembudidaya ikan hias. Ikan Diskus ini berasal dari sungai amazon. Karena semakin meningkatnya permintaan maka tidak sedikit para pembudidaya mulai membudidayakan ikan ini.

Ikan Diskus ini dikenalkan pertama kali pada tahun 1840 oleh Dr.Heckel dengan nama Symphysodon discus, dikarenakan bentuk tubuhnya mirip dengan disket komputer. Jenis ikan ini terbilang cukup murah yaitu Rp 50.000 hingga Rp 150.000 saja per ekor nya.

4. Ikan Mas Koki

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ikan jenis ini merupakan ikan yang paling mudah anda temui di Indonesia dikarenakan harga yang cukup terjangkau dan perawatan yang tidak sulit membuat para pembudidaya sangat menyukai ikan ini. Ada lebih dari 20 jenis ikan mas koki yang terpopuler tetapi ada juga yang sulit dibudidayakan dikarenakan daya tahan tubuh cukup rentan dengan cuaca di Indonesia. Ikan ini di bandrol mulai dari harga Rp 20.000 – Rp 1.000.000 per ekor nya tergantung dari jenis dan kelangkaan ikan tersebut.

5. Ikan Louhan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ikan tawar satu ini merupakan ikan hias dengan tingkat kepopuleran yang tidak usah kamu ragukan lagi. Ikan Louhan ini berasal dari Malaysia dan Taiwan. Ikan ini termasuk salah satu ikan terindah di aquarium dikarenakan ia memiliki benjolan kepala dan ekornya yang panjang ini sangat berharga bagi orang Taiwan karena dipercaya dapat membawa keberuntungan. Jadi tidak heran jika ikan ini sering disebut sebagai Primadona ikan hias.

Harga dari Ikan Louhan sendiri cukup tinggi berkisar antara Rp 650.000 per ekor hingga Rp 3.500.000 per ekor.

6. Ikan Cupang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siapa yang tidak mengenal ikan satu ini? Ikan ini merupakan salah satu ikan yang sangat terkenal di beberapa negara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darusalam dan Vietnam. Di Indonesia ikan ini memiliki habitat asli di daerah Pampang, Kalimantan Timur. Ikan ini memiliki sifat agresif dan warna tubuh yang indah. Inilah alasan mengapa ikan cupang ini sangat populer di kalangan pembudidaya. Ikan cupang merupakan salah satu ikan yang tahan banting dan memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat.

Bentuk sirip dan ekor menjumbai panjang, struktur tulang sirip dan ekor menunjukkan bentuk khas dari ikan ini sehingga ikan ini menjadi primadona. Ikan ini di hargai mulai dari Rp 15.000 – 300.000 per ekor.

7. Ikan Komet

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ikan ini juga termasuk salah satu ikan yang sangat populer di kalangan pecinta ikan hias. Selain harganya yang terjangkau, ikan komet ini memiliki beberapa ciri khas yaitu warna yang unik dan pola yang khas. Ikan komet ini merupakan salah satu ikan yang sangat tenang dan hidup di kedalaman air 20 meter. Ikan ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp 5.000 hingga 60.000 per ekornya.

Itulah beberapa ikan hias air tawar yang dapat dipelihara atau bahkan dibudidayakan.