Mau Sukses Bisnis Sayuran Organik? Baca Cara Jitunya Di Sini

www.zehrabilgisayar.net, pertanian – Sayuran adalah salah satu komponen paling penting dalam memperoleh gizi seimbang pada makanan. Selain untuk kebutuhan nutrisi, mengkonsumsi sayuran juga dapat mencegah munculnya penyakit berbahaya.

Ada 2 jenis sayuran yang dapat anda konsumsi yaitu sayuran organik dan sayuran non organik. Sayur organik adalah sayur yang ditumbuhkan tanpa menggunakan pupuk kimia ataupun pestisida. Buah atau sayur organik tumbuh menggunakan pupuk alami yang berasal dari kompos atau kotoran hewan.

Karena prosesnya tidak menggunakan pestisida maka prosesnya lebih intensif dan pertumbuhan tidak selalu berhasil atau tidak bisa di produksi dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu, sayuran organik ini termasuk sayur mahal di banding dengan sayur yang biasa.

Dengan kelebihan yang dipunya oleh sayur organik ini membuat minat beli semakin tinggi karena selain sayur ini bebas dari zat kimia sayur organik ini juga fresh dan enak untuk dikonsumsi.

Peluang bisnis sangat besar untuk sayur organik maupun buah organik ini. Bagi anda yang merupakan seorang pemula dalam bisnis sayur organik ini, anda bisa mencoba cara jitu dari kami seperti cuplikan di bawah ini :

1. Siapkan Media Tanam

Media yang digunakan untuk menanam sayuran organik ini sebenarnya tidak sulit, anda hanya membutuhkan lahan yang kecil dan tanah yang subur. Tanah yang subur biasanya memiliki hara atau zat mineral yang dapat membantu proses fotosintesis. Anda juga bisa menggunakan media sekam padi maupun kotoran hewan yang sudah kering dan jika anda ingin yang lebih sederhana anda bisa menggunakan media yang sederhana atau pot hidroponik.

2. Pelajari Dahulu Cara Menanam

Sebelum anda memulai bisnis ini, anda harus tahu terlebih dahulu cara menanam yang baik dan benar. Ada 2 cara yang dapat anda gunakan untuk penanaman sayuran organik, yang pertama menggunakan cara langsung dan yang kedua menggunakan cara penyemaian dahulu. Jika anda menggunakan cara langsung anda bisa menggunakan tanaman atau sayuran yang sudah berdaun seperti sayuran sawi, selada dan bayam. Sedangkan jika anda menggunakan cara penyemaian anda harus menggunakan tanaman yang berbuah seperti tomat atau terong. Tujuan dari cara penyemaian ini adalah agar tanaman atau sayuran bisa tumbuh secara optimal.

3. Rajin Perawatan

Sayuran organik ini butuh perawatan ekstra dikarenakan tidak adanya zat kimia yang dapat mengusir hama atau ulat . Tantangan terbesar dari bisnis ini adalah tanaman rusak jadi untuk menghindari itu semua buatlah obat anti hama dari bahan alami seperti jahe atau cabe yang sudah dihaluskan. Lalu semprotkan ke seluruh tanaman atau sayuran organik anda.

4. Panen dua kali seminggu

Trik lainnya agar sukses di bisnis ini adalah lakukan panen seminggu dua kali atau lebih tergantung berapa lama sayuran tersebut bisa tumbuh. Tanaman yang biasanya cepat di panen adalah sayuran hijau atau tanaman berdaun.
Sehingga anda bisa memanen sayuran tersebut berkali-kali dalam waktu yang berdekatan. Jika anda ingin memiliki keuntungan lebih anda bisa menanam sayuran yang ekonomis, seperti selada atau bayam merah.

5. Tentukan ide pemasaran yang cocok

Yang tak kalah penting dari bisnis ini adalah cara pemasarannya. Anda harus memikirkan mau pisarkan kemana sayuran ini. Agak sulit jika anda mendistribusikannya ke pasar tradisional karena harga sayuran ini tergolong mahal. Untuk itu, Anda boleh coba memasarkannya dari media sosial atau bisa anda pasarkan langsung di supermarket.

Itulah 5 cara yang dapat anda lakukan untuk sukses dalam bisnis sayuran organik ini. Dalam bisnis ini anda harus terus berinovasi agar bisnis ini dapat terus berjalan dan meraup keuntungan yang lebih besar bahkan bisa mencapai 12 juta perminggunya.