10 Jenis Ikan Arwana Yang Wajib Anda Pelihara Dan Memiliki Harga Selangit

www.zehrabilgisayar.net, peternakan – Ikan Arwana atau “dragon fish” adalah ikan yang dikenal dan dipercaya oleh sebagian orang sebagai titisan naga yang merupakan perwujudan dari dewi khayangan atau yang sering disebut dewi kwan im.

Menurut mitos zaman dulu ikan arwana ini akan membawa keberuntungan bagi orang-orang yang memeliharanya. Hal ini masih sangat di percaya di masyarakat Indonesia khususnya suku Tionghoa.

Arwana termasuk ikan langkah yang memiliki harga jual selangit bisa mencapai miliyaran dikarenakan ikan ini sudah termasuk ikan langkah yang bergenerasi beribu-ribu tahun.

Ada begitu banyak jenis ikan arwana di dunia yang dapat anda pelihara ada yang dari Asia, Amerika Serikat, Australia hingga Afrika. Di Indonesia sendiri ikan ini hanya bisa di temukan di daerah Papua dan Kalimantan.

10 Jenis Ikan Arwana dan Harga jualnya, sebagai berikut :

1. Ikan Arwana Red Tail Golden

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ikan arwana ini berasal dari wilayah Pekanbaru, Riau. Sifat natural yang agresif menjadikan ikan ini susah di tangkap. Karakteristiknya adalah biru, hijau dan keemasan.

Ikan arwana red tail golden ini di bandrol dengan harga Rp. 4,5 juta.

2. Ikan Arwana Brasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ikan arwana ini merupakan ikan yang paling sering ditemui di Indonesia karena harga yang lumayan terjangkau. Keunikan dari ikan ini adalah ia mampu melompat keluar udara untuk menangkap serangga. Karakteristiknya adalah bentuk tubuh dan sirip panjang dengan warna silver di seluruh tubuhnya.

Ikan arwana brasil ini di jual dengan harga mulai dari Rp. 2 juta.

3. Ikan Arwana Banjar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ikan Arwana Banjar memiliki warna merah level 2 di seluruh tubuhnya, namun ia tidak tampak seperti ikan arwana merah. Karakteristiknya yang paling menonjol adalah di bagian sirip yang berwarna orange dengan ekor yang kekuningan.

Sama seperti arwana brasil ikan ini di jual mulai dari harga Rp. 2 juta

4. Ikan Arwana Black Golden

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ikan ini merupakan salah satu ikan termahal yang ada. Ikan ini sering ditemukan di Penang, Malaysia. Karakteristiknya ia memiliki warna emas dengan sisi pada sisik yang berwarna kehitaman.

Akan tetapi, tidak mudah untuk menemukan ikan arwana black golden ini karena ikan ini sering berkeliaran di rawa yang membuat harganya cukup mahal yaitu Rp. 18 jutaan bahkan lebih.

5. Ikan Arwana Super Red

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ikan ini menjadi salah satu ikan terfavorit di kalangan kolektor. Arwana ini merupakan jenis ikan arwana Asia. Super Red sendiri sering ditemukan di sungai Kapuas dekat danau Kalimantan Barat, Indonesia. Karakteristik dari ikan ini adalah warna merah mencolok dan atraktif.

Ikan ini biasa di bandrol dengan harga Rp. 2 jutaan hingga 48 juta.

6. Ikan Arwana Cross Back Golden

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Arwana Cross Back Golden memiliki cukup banyak nama seperti Malayan Bonytongue, Taiping Golden, Pahang Golden dan Malaysian Gold. Ciri khas dari ikan ini adalah warna emas di bagian punggung. Ikan ini banyak ditemukan di Malaysia sekitaran Perak,Tyrengganu,Johor hingga danau Bukit Merah.

Harga ikan ini termasuk cukup mahal karena susah sekali di temukan di pasaran. Harga yang biasa di tawarkan mulai dari Rp. 18 juta.

7. Ikan Arwana Papua

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Arwana Jardini dikenal sebagai Arwana Papua atau Arwana Australia dikarenakan aslinya ikan ini berasal dari Papua dan Australia. Tampilannya sekilas mirip dengan ikan arwana Asia namun warnanya kuning keemasan tetapi tidak terlalu terang dan mencolok.

Arwana Papua ini bisa tumbuh dan mencapai berat 17 kg. Ikan ini biasa dijual dengan harga Rp. 4 juta.

8. Ikan Green Arowana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Green Arowana ini merupakan ikan yang berasal dari Asia. Ikan yang mempunyai nama lain golden Pino ini bisa anda temukan di beberapa negara seperti Kamboja, Vietnam, Indonesia, Myanmar, Thailand dan Malaysia. Keunikan dari ikan ini karena ikan ini terlihat seperti perpaduan kuning, emas, dan hijau yang samar dan ia memiliki kepala yang sedikit lebih besar dari ikan arwana pada umumnya.

Ikan ini di bandrol dengan harga Rp. 4 juta.

9. Ikan Arwana Batik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ikan ini sering disebut sebagai Arwana Myanmar karena memiliki tubuh yang begitu unik dan cantik. Tubuhnya dipenuhi sisik yang berbentuk pola batik. Warnanya lebih dominan warga perunggu yang berpadu dengan warna silver.

Karena berbeda dengan semua jeni arwana lainnya, Arwana batik ini di Bandrol dengan harga Rp. 56 jutaan.

10. Ikan Arwana Platinum

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Arwana Platinum merupakan arwana tercantik, dan bahkan menjadi arwana termahal di dunia. Arowana Platinum memiliki tubuh yang begitu memukau dan mengkilap seperti platinum. Jika kamu melihatnya dari dekat, kamu akan sangat kagum dengan keindahan ikan yang memiliki tekstur yang sangat lembut.

Dari tampilan yang begitu mewah, tak heran ikan ini di bandrol dengan harga yang sangat fantastis yaitu Rp. 5.7 miliar!

Inilah beberapa ikan yang dapat kamu pelihara. Bagaimana menurut kamu? Kaget dengan harga ikan yang begitu mahalnya? Jadi bagi kamu yang tertarik, kamu bisa mencoba untuk memeliharanya dengan memperhatikan lingkungan dan asupan makanannya.