Cara Ampuh Ternak Burung Lovebird

www.zehrabilgisayar.net, peternakan – Burung Lovebird merupakan burung yang bersifat sosial atau sering dinamakan burung cinta. Burung ini hidup berkelompok setiap kelompok terdiri dari 5-25 ekor. Berbeda dengan burung dewasa yang hidup berpasangan. Dikatakan burung cinta karena burung ini baru akan berpisah apabila salah satunya mati.

Burung Lovebird ini sangat dicari oleh semua orang dan bahkan merupakan salah satu burung yang cukup terkenal. Burung ini berproduksi dengan cara bertelur.

Di setiap kelahirannya ia mampu menghasilkan 3-6 telur dengan waktu pengeraman sekitar 22 hari dan anak-anak burung akan meninggalkan sarangnya setelah 4-5 minggu sejak ia menetas.

Proses produksi yang mudah membuat semua orang kini menjadikan burung lovebird ini sebagai burung ternak. Adapun cara yang ampuh dalam beternak burung ini sebagai berikut :

1. Mengenal Usia Produktif Burung Lovebird

Burung Lovebird mulai diternak kalau usianya sudah mencapai 7 bulan. Disini anda harus pandai memilih burung indukan yang sehat dan tidak cacat. Hindari ternak lovebird usia diatas 3 tahun karena burung tersebut sudah tidak produktif. Untuk memilih indukan bisa dari hasil piara sendiri maupun beli dari orang yang sudah berpengalaman.

2. Pandai Membedakan Burung lovebird Jantan dan Betina

Sebelum anda mulai beternak burung lovebird ini anda harus terlebih dahulu dapat membedakan antara Lovebird Jantan dan Betina. Jika dilihat sekilas maka anda akan sulit membedakan Lovebird jantan dan betina karena baik dari segi bentuk maupun warna tubuh terlihat sama.

Cara yang dapat anda gunakan untuk mengetahui jenis kelamin burung lovebird ini adalah anda dapat menggunakan cara meraba kedua capit udang yang terletak di bawah dubur. Jika ia keras, rapat dan lancip ini adalah burung jantan. Sedangkan untuk betina capit udang di bawah dubur terasa lembek,lebar dan tumpul. Anda juga bisa melihat Lovevird Betina pada saat birahi mempunyai kebiasaan mengumpulkan barang sarang dan diselipkan di kedua sayapnya sebelum dibawa ke dalam kandang.

3. Berikan Makanan Yang Dapat Memacu Birahi Lovebird

Untuk memacu birahi lovebird anda dapat berikan Kwaci atau makanan lainnya seperti Toge, Jagung muda dan sawi. Hal ini terbukti ampuh dalam beternak lovebird menurut beberapa orang yang sudah pernah mencobanya.

4. Menyusun Garis Keturunan

Pada umumnya burung Lovebird diternak dengan cara dibiarkan di dalam kandang ukuran besar dengan jumlah yang banyak atau lebih dari 1 pasang, Tetapi hal ini berbeda pada saat burung Lovebird sudah waktunya dikawinkan dimana 1 pasang burung ini harus ditempatkan terpisah dari kelompoknya di dalam kandang berukuran 80 cm x 40 cm x 40 cm.

Hal ini bertujuan agar lebih mudah dalam mendapatkan garis keturunan dan memungkinkan kita untuk mengawin silangkan agar dapat keturunan baru serta warna baru dari anak Lovebird berikutnya.

5. Membuat Kotak Sarang Atau Glodok

Tujuan dari kita membuat kotak sarang atau glodok ini adalah untuk tempat bertelur dan mengeram. Bisa memakai ukuran = 15 cm x 20 cm x 25 cm. Bahan yang digunakan untuk membuat glodok ini memakai papan berukuran tebal 2 cm.

Sarang yang telah selesai harus di taruh serbuk kayu atau ditaburi kulit jagung kering agar menjadikan sarang tersebut sama seperti di alam bebas.

6. Perlakuan Terhadap Anak Burung Lovebird

Jika burung sudah berhasil bertelur 4 hingga 6 telur itu menandakan sudah baik dan telur akan dierami sekitar 21 hingga 23 hari

Kedua induk bergantian menyuapi makanan pada anaknya. Setelah anak berumur 6 – 8 minggu maka anak lovebird akan keluar dari kandangnya sendiri dan mencari makan.

Terkadang indukan tidak mau menyuapi atau mengasuh anaknya maka anak tersebut harus di angkat dan di asuh oleh tuannya.

Buatlah kotak ukuran 40 cm x 40 cm x 40 cm lalu diberi lampu 5 watt yang berfungsi sebagai penghangat. Suapi anak lovebird setiap 2 jam sekali. Berikan makanan bubur bayi lalu di campur dengan air hangat dan gunakan sendok untuk menyuapi. Setelah anakan berumur 3 sampai 4 minggu baru perlahan dikenalkan dengan jenis makanan lain seperti sayur dan buah.

Beberapa hal di atas terbukti ampuh bagi anda yang ingin beternak burung Lovebird ini.