Gunakan Gas Bumi, Warung Makan Hemat Hingga Jutaan Rupiah

www.zehrabilgisayar.net, migas – Keberadaan gas bumi kini membawa berkah bagi Usaha Kecil Menengah. Saat ini keberadaan gas ini sudah berada di Kota Pasuruan Jawa Timur sebab energi gas bumi menghasilkan penghematan biaya.

Salah satu berkah dari gas bumi ini dialami oleh salah satu warga Pasuruan Bambang Kushadi (55) yang merupakan pemilik warung makan Sarimila.

“Manfaat utama dari penggunaan gas bumi adalah penghematan dalam biaya bahan bakar dalam memasak karena sebelum menggunakan gas bumi, Warung Sarimila ini menggunakan LPG yang di produksi oleh perusahaan swasta” ungkap Bambang.

Setiap harinya warung makan kami menghabiskan tabung gas ukuran 5,5 Kg dengan harga Rp 110 per tabung dan biaya yang dihabis perbulannya mencapai Rp. 6 juta per bulan.

“Awalnya saya memakai minyak tanah, lalu beralih ke tabung gas dan sekarang saya memakai gas pipa PGN. Keuntungan banyak dan pengeluaran lebih hemat,” Kata Bambang, Saat di temui di warung makan yang dikenal dengan menu andalan pecel ayamnya, di Kota Pasuruan, Jawa Timur (18/10/2019).

Tetapi setelah dua bulan memakai gas bumi PGN, warung makan yang menghabiskan hingga 50 Kg ayam per hari dengan pengeluaran bahan bakar Rp 6 juta sekarang sudah bisa hemat hingga Rp 3 juta saja.

Manfaat berikut yang dirasakan oleh Bambang adalah pasokan gas lebih pasti karena mengalir melalui pipa, sehingga tidak perlu khawatir kehabisan gas dan tidak perlu mengganti tabung, pada saat memakai gas LPG dia sangat kesulitan mengganti isi tabung ketika toko gas tutup. Tetapi dengan adanya gas bumi ini maka warung bisa memasak dengan optimal.

Meski begitu banyak manfaat yang bisa di dapatkan dari gas bumi ini bambang mangaku sedikit khawatir saat ia diperkenalkan pertama kali dengan bahan bakar ini tetapi sekarang ia justru senang dikarenakan energi ini bersifat aman dan bersih.

“Di karenakan keamanan karena dapur warung kami sempit dan terbatas. Nah dengan gas PGN ini saya merasa lebih aman, ini nggak ribet karena kalau masih pakai gas tabung dan habis toko sudah tutup,” tandasnya.