Hotel “Domba” Di Ciamis

www.zehrabilgisayar.net, peternakan – Banyak destinasi liburan yang dapat anda nikmati di Ciamis salah satunya adalah Pangangonan Farm / Hotel Domba dimana tempat ini menyediakan penginapan khusus Domba.

Pengangonan Farm ini terletak di Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Jawa Barat yang baru diresmikan pada pertengahan Januari 2019. Destinasi wisata baru ini dikelola oleh BUMDES untuk semua masyarakat disana.

Tujuan awal dibangunnya Pengangonan Farm ini yaitu sebagai tempat wisata edukasi yang ditujukan untuk para siswa Paud, TK, SD hingga lembaga pendidikan lainnya termasuk masyarakat umum.

Di dalam Pengangonan Farm ini memiliki destinasi baru yaitu Hotel Domba dimana tujuan dibangunnya hotel domba ini sebagai tempat penitipan domba bagi siapa warga yang mau memelihara domba tetapi tidak memiliki kandang anda bisa menitipkannya di hotel ini.

Domba-Domba bisa menginap sekitar 100 hingga 120 hari hingga domba ini layak untuk dijual. Hotel ini berukuran panjang sama seperti kandang pada umumnya yang dimana dapat menampung 35-50 ekor domba. Nantinya pemilik domba akan memperoleh hasil 40%, 40% untuk BUMDES dan sisa 20% untuk sewa “Hotel”.

Para wisatawan yang berkunjung bisa berkeliling disekitar peternakan dan bertemu dengan domba-domba yang ada disini. Domba yang dititipkan disini akan diberi nama unik yaitu seperti nama bunga maupun buah dalam bahasa Sunda.

Misalnya, jika domba perempuan diberi nama Angkes (Kembang Jeruk), Bolotot (Kembang Cabe), Sedek (Kembang Salak), Rinduy (Kembang Muncang), Curiwis (Kembang Kaso) dan jenis lainnya.

“Zaman sekarang anak-anak sudah jarang yang mengetahui nama bunga dalam bahasa Sunda. Jadi kami memberi pelajaran untuk anak-anak melalui domba yang dititipkan” jelas Aep Saepudin selaku pengelola Pengangonan Farm saat ditemui (13/02/2019).

Aep juga menjelaskan disini anak-anak juga akan dikenalkan tentang tata cara beternak domba serta akan diajarkan juga cara bercocok tanam dengan praktek langsung dan hasil dari menanam bisa langsung dinikmati oleh penanam saat kembali berkunjung.

“Disini juga terdapat beberapa tempat untuk bersantai dan anak-anak dapat menemukan permainan masa kecil yang tradisional seperti Jungkat-jungkit, perosotan, ayunan dan masih banyak lagi permainan yang dapat dinikmati disini” Jelas Aep

Menurut Aep selaku pengelola tempat ini pada saat tempat wisata ini baru saja dibuka banyak sekali warga yang antusias sehingga pengunjung tidak pernah sepi dari senin-minggu mulai dari TK, Paud, SD termasuk warga lainnya. Untuk Biaya disini tidak ada biaya apapun hanya saja disediakan Kotak Amal untuk perawatan kebersihan.