Pentingnya Perubahan Struktur Pertanian Ke Sistem Modern

www.zehrabilgisayar.netpertanian – Pemerintah melalui Kementrian Pertanian untuk kedepannya akan mengiring perubahan struktur pertanian Indonesia kearah yang lebih modern.

Andi Amran Sulaiman selaku Menteri Pertanian mengatakan bahwa penguasaan teknologi sangat penting dalam hal mewujudkan Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045 dan segala tantangan Revolusi Industri di segala bidang tanpa terkecuali.

Melalui rilis tertulisnya Amran menjelaskan ” Indonesia harus berani mengalihkan sistem tradisional menuju sistem modern dimana pengalihan ini dilakukan agar dapat mengimbangi kemajuan dunia yang sangat pesat saat ini”

Di luar hal tersebut, kemajuan harus diimbangi dengan adanya kemampuan sumber daya manusia yang menguasai mekanisme dan teknis yang diperlukan.

Untuk menjawab tantangan global saat ini menteri pertanian melalui badan penelitian dan pengembangan pertanian telah menghasilkan produk terbaru dan inovasi yaitu Drone Penebar Benih dimana drone ini mampu menebar benih padi hingga satu hektar dalam waktu kurang dari 1 jam dengan kapasitas 50-60 kilogram per hektarnya.

Amran selaku menteri pertanian juga menjelaskan bahwa drone ini bekerja dengan sendirinya sesuai dengan sistem yang telah ditentukan dan alur yang dibuat pada perangkat android melalui panduan GPS.

Teknologi ini juga mampu melakukan resume operation untuk melanjutkan operation yang tertunda sehingga dapat dikatakan dengan adanya alat ini pekerjaan para petani akan lebih efisien dan cepat.

“Sepuluh tahun kedepan teknologi Drone ini akan sangat membantu para petani bahkan mereka bisa menanam padi sambil duduk di sekitar bawah pohon”tambah menteri pertanian (Amran).