Aceh Ekspor 4.900 Metrik Ton Clam Plam Oil (CPO) Sawit Ke India

www.zehrabilgisayar.net,Pertanian – Pemerintah Aceh resmi melakukan ekspor Clam Plam Oil (CPO) sebanyak 4.900 metrik ke India melalui pelabuhan Calang, kabupaten Aceh Jaya. Ekspor CPO perdana tersebut dilakukan oleh Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Proses ekspor CPO diberangkatkan melalui pelabuhan calang pada hari kamis (17/10/2019) siang sekitar pukul 15.00 WIB. Satu unit kapal pengangkut CPO PT Calang Sejati yang bersandar disana mengangkut sawit CPO dari pelabuhan Aceh ke pelabuhan Krisnapatanam India. Nilai ekspor CPO yang cukup fantastis sekitar $2.3 juta atau setara dengan Rp33.2 miliar.

Asisten perekonomian dan pembangunan Aceh Teuku Ahmad Dadek mengharapkan agar proses ekspor minyak sawit (CPO) akan terus berlanjut dari pelabuhan Calang. Hal ini tentunya akan memangkas biaya,waktu dan memudahkan ekspor langsung yang sebelumnya di ekspor dari medan, Sumatra Utara.

Plt Gubernur Aceh Nova iriansyah bukan hanya melepaskan ekspor perdana CPO ke India, namun juga meresmikan tangki PT Calang Sejati Indah. Tangki CPO tersebut terletak di Kawasan Calang.

Keberadaan tangki CPO PT Calang Sejati tentunya membawa manfaat yang sangat besar bagi pemerintah dan pengusaha kelapa sawit yang ada di wilayah Aceh Barat. Karena yang sudah kita ketahui sebelumnya, Kawasan tersebut merupakan central penghasil kelapa sawit terbesar di Aceh.

Kini pengusaha perkebunan kelapa sawit tidak perlu lagi mengirim minyak CPO ke medan untuk melakukan proses ekspor. Pemerintah Aceh akan terus memudahkan dan mensejahterahkan para pengusaha kelapa sawit dan petani kelapa sawit yang ada di Aceh.