Cara Mudah Budidaya Lobster Air Tawar Dan Terbukti Menguntungkan

www.zehrabilgisayar.net, perternakan – Lobster ialah salah satu jenis spesies udang yang memiliki ukuran yang besar dibandingkan jenis udang lainnya. Udang Lobster ini juga terbagi menjadi 2 golongan yaitu Lobster air laut dan Lobster air tawar. Jenis Lobster yang paling mudah di budidayakan ialah Lobster air tawar. Lobster air tawar memiliki banyak banyak keunggulan dan memiliki pertumbuhan yang relatif sangat cepat.

Permintaan pasar yang semakin meningkat sehingga banyak yang beralih untuk membudidayakan Lobster air tawar. Apalagi harga jual yang cukup fantastis bekisar Rp 150.000/kg hingga 200.000/kg membuat banyak orang yang tergiur untuk membudidayakan. Kini Lobster menjadi hidangan istimewa di restoran dan hotel-hotel ternama.

Lobster Air Tawar memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi dan juga memiliki kandungan lemak yang sangat rendah yaitu hanya <2%. Bukan hanya itu Lobster air tawar juga memiliki kandungan selenium yang merupakan antioksidan untuk menghindari dari berbagai penyakit seperti jantung dan coroner.

Nah bagi anda anda yang tertarik untuk membudidayakan Lobster air tawar inilah Cara Mudah Budidaya Lobster Air Tawar Dan Terbukti Menguntungkan. Ada beberapa tahapan yang harus anda ketahui sebelum anda memulainya.

  1. Persiapkan Media Kolam Tempat Budidaya Lobster Air Tawar

Langkah pertama untuk membudidayakan Lobster air tawar ialah mempersiapkan media kolam. Lobster air tawar sangat toleran dengan oksigen yang sangat rendah. Pedoman oksigen yang stabil untuk lobster air tawar ialah sekitar 4ppm. Bukan hanya oksigen yang perlu di perhatikan namun juga anda harus memerhatikan suhu udara yang ada pada kolam tersebut. Lobster air tawar sangat cocok hidup pada kolam yang bersuhu 25-29 derajat celcius. Untuk tingkat keasamana pada air yang di gunakan sekitar 7-9 ph.

  1. Proses Pemilihan Indukan.

Proses pemilihan Indukan yang unggul ialah langkah yang paling penting untuk memaksimalkan hasil panen. Untuk proses pembenihan anda harus mengetahui jenis Lobster betina dan jantan. Untuk membedakannya sangat mudah dapat di lihat dengan kasat mata.

  • Lobster Betina

Lobster betina memiliki tonjolan di bagian capitnya dan memiliki lubang di bagian pangkal kaki ketiga dari bawah ekor. Lubang tersebut ialah alat kelamin lobster betina dan juga sebagai keluarnya telur.

  • Lobster Jantan

Ciri khas Lobster jantan sangat terlihat ialah memiliki bercak warna merah pada bagian capitnya. Bercak merah pada Lobster jantan akan muncul ketika Lobter berumur 3 hingga 4 bulan.

  1. Proses Perkawinan Lobster

Untuk mengawinkan induk Lobster anda bisa menggabungkan indukan jantan dan betina menjadi satu kedalam media aquarium yang berukuran 1×0,5x25cm. Aquarium tersebut dapat diisi dengan 5 ekor Lobster betina dan 3 ekor Lobster jantan. Kemudian anda dapat memasukan pipa paralon yang memiliki diameter 2” dan Panjang hingga 20cm minimal 8 buah.

  1. Pemindahan Induk Lobster

Setelah 2 minggu proses perkawinan induk lobster akan di pindahkan ke wadah yang berdiameter 1×2 meter untuk proses pengeraman dan proses penetasan. Telur akan terlihat jelas pada induk betina dengan posisi ekor terbuka.

  1. Pemeliharaan Benih Lobster

Setelah telur menetas dan menjadi benih, anakan lobster belum bisa di berikan makanan seperti sayuran atau umbi-umbian namun anda bisa memberi pakan berupa cacing sutra atau cacing beku atau pellet lobster untuk memacu pertumbuhan pada anakan Lobster.

  1. Proses Pembesaran Lobster

Untuk ukuran yang ideal lobster yang akan di pindahkan ke kolam pembesaran ialah kurang lebih 20 hari dan memiliki ukuran 2 cm. Sebelum anda melakukan pemindahan anakan lobster anda harus memberikan pipa paralon ke dasar kolam pembesaran terlebih dahulu. Hal itu untuk tempat bersembunyi lobster yang lebih kecil karena lobster terkenal akan kanibalnya yang memakan sesamanya yang lebih lemah.

  1. Proses Pemanenan

Lobster air tawar dapat dipanen bekisar umur 6 hingga 8 bulan atau beratnya kurang lebih 100gram keatas. Semakin besar ukuran Lobster maka semakin tinggi harganya. Untuk penjualan Lobster ke luar negeri anda bisa memeliharanya hingga berusia 11 bulan hingga 12 bulan sampai lobster mencapai berat 180-230 gram perekor.

Demikian Cara Mudah Budidaya Lobster Air Tawar Dan Terbukti Menguntungkan. Bagi anda yang ingin membudidayakan di rumah anda bisa mencoba tahap tahap di atas. Hal itu di karenakan budidaya Lobster air tawar tidak memerlukan lahan yang luas.