Cara Budidaya Ikan Tongkol Bagi Pemula

zehrabilgisayar.net – Ada banyak ikan yang sering kita jumpai sehari-harinya, Salah satu ikan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat adalah ikan Tongkol. Hal tersebut membuat permintaan pasar semakin besar. Melihat banyaknya peminat maka peluang untuk mendapatkan uang semakin terbuka dengan cara membudidayakan ikan Tongkol ini, akan tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui cara membudidayakan ikan ini dengan benar dan tepat agar bisa mendapat keuntungan yang lebih maksimal.

Nah, bagi anda yang merupakan seorang pemula untuk budidaya ikan tongkol ini anda dapat menyimak pembahasan kami tentang “Cara Budidaya Ikan Tongkol Bagi Pemula”. Namun sebelum kami membahas tentang caranya akan lebih baik apabila kita mengenal tentang Ikan Tongkol ini terlebih dahulu.

Ikan Tongkol sering disebut sebagai Tongkol Como ( Euthynus Affnis ) dimana ikan ini merupakan salah satu ikan laut yang berasal dari Suku Scombridae. Di perairan Indonesia, jenis ikan ini telah tersebar luas di area sekitar laut khususnya di wilayah perairan Indonesia Timur Samudera.

Selain itu, Jenis ikan ini merupakan spesies ikan yang sangat diburu di pasar. Karena selain rasanya enak dan gurih cara pengolahannya cukup mudah serta dapat di buat dalam beraneka ragam jenis makanan lezat. Oleh karena itu, pembudidayaan ikan ini harus terus dilakukan karena jika benar-benar dijalankan akan menghasilkan keuntungan yang besar. Berikut beberapa cara budidaya ikan tongkol yang benar:

Pemilihan Media

Pembudidayaan ikan ini dapat dilakukan dengan menggunakan media kolam dari jaring-jaring yang ditancapkan di dasar dan diberikan jarak beberapa meter dari bibir pantai. Namun anda juga bisa memilih cara yang terbaik sehingga tidak akan menyulitkan anda pada saat panen nanti.

Pemilihan Benih

Proses pemilihan benih ini dapat dilakukan dengan memperoleh hasil penangkapan di laut lalu dibudidayakan di kolam untuk melihat kandungan lemak pada ikan tongkol, hal ini bertujuan untuk memilih benih yang sehat dan tidak cacat.

Pemijahan

Proses pemijahan ini akan dilakukan dimana akan terjadi proses perkawinan antara tongkol Jantan dan tongkol Betina lalu ditempatkan ditempat khusus sehingga tidak ada gangguan dari ikan lainnya.

Pertimbangan Teknis

Proses ini merupakan proses yang penting karena disini kita akan menentukan sumber air yang dipakai,tentang ketinggian lokasi, ukuran kolam, peralatan apa saja yang digunakan dan penanganan limbah air kolam yang tepat.

Perawatan

Sama halnya dengan manusia, ikan tongkol ini juga membutuhkan perawatan yang sehat sehingga kualitas ikan yang dihasilkan maksimal dimana anda harus membersihkan kolam serta pergantian air bersih secara rutin.

Penanggulangan Hama dan Penyakit

Ikan juga dapat terkena serangan hama dan penyakit. Anda harus melakukan pengecekan secara rutin sehingga apabila terkena hal tersebut akan lebih cepat di atasi sebelum menyebar ke ikan lainnya. Ada baiknya juga memberikan multivitamin atau suplemen sehingga ikan akan tetap terjaga dan sehat.

Panen

Waktu yang dibutuhkan untuk panen ikan ini sekitar 4-6 bulan. Proses panen ini menggunakan alat yang sudah disiapkan. Proses ini harus dipanen dengan cara yang sangat hati-hati sehingga ikan tidak akan cacat atau mati pada saat sampai di tangan konsumen.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membudidayakan ikan tongkol agar bisa mendapat hasil yang maksimal. Karena jika anda salah di salah satu tahap saja maka akan sangat mempengaruhi kualitas ikan yang dihasilkan.