Cara Untuk Menanam Jahe Di Polibag!

zehrabilgisayar.com, Pertanian – salah satu pembudidaya jahe mengatakan, menanam jahe dengan karung atau polibag tidak begitu sulit dan tidak menangkap tempat yang banyak. Hasil yang di dapatkan dari menanam jahe juga sangat banyak dan juga sangat besar. Bila anda menanamnya di kebun, anda hanya mendapatkan jahe 1 sampai dengan 3 killogram. Tetapi bila anda menanamnya di karung atau di polibag anda bisa mendapatkan hasil yaitu mencapai 10kg setiap panen.

Keuntungannya bisa dilihat lagi dari hasil waktu tanamnya. Bila menggunakan polibag, rentan lebih cepat hanya mencapai 8 sampai 10 bulan. Bila anda menanamnya di kebun, anda bisa memanennya 1 tahun lebih.

Nah kali ini, kami akan memberithukan anda bagaimana cara untuk menanam jahe di pollibag, mari kita simak di bawah ini.

– Persiapan bibit: Bibit biasanya di ambil dari kebun dan dipilih dari tanaman yang sudah tua sekitar berumur 1 tahun ke atas dan pilihlah fisiknya yang besar, warna cerah dan sehat. Setelah itu, anda bisa menjemurnya tidak perlu sampai kering, kemudian anda bisa simpan di ruangan sekitar 1 bulan lebih.

-Perlakukan bibit: Setelah yang pertama sudah anda lakukan, maka anda bisa mengambil kembali jahe yang sudah anda simpan dan setelah itu anda bisa mematahkan atau dipotong. Setiap potongan memiliki 3 sampai dengan 5 mata tunas. Kemudian itu, anda bisa menjemurnya selama satu hari. Setelah itu, potongan tersebut anda bisa menyimpannya di karung goni atau bisa juga polibag.

-Media tanam: Siapkan pupuk kandang, pasir halus, abu dan tanah, khusus untuk pemberian dolomit.

-Penanaman: Setelah itu siapkan polibag plastik hitam yang berukuran sekitar 60 x 60 cm dan bisa juga dengan karung yang sudah memiliki lubangnya. Kemudian setelah itu, anda bisa melebarkan dan masukan media tanam yang yaitu tanah campur kompos atau pupuk kandang.

Perawatan: Untuk melakukan perawatan jahe yang telah di tanam, sangat terbilang sangat sederhana. Dengan menyiramnya setiap 2 sampai 3 kali dalam satu minggu dengan waktu siram yang sama. Dengan air di campurkan pupuk organik media tanam pun lebih baik dan jauh dari penyakit hama. Segera semprotkan air tersebut ke tanaman setiap 25 hari masa pertumbuhan. Setelah itu anda bisa panen jahe dengan kualitas terbaik selama 10 bulan.

Itulah cara bila anda ingin bertani untuk menanam jahe, bisa anda coba di rumah.