Ini 6 Jenis Kayu Termahal Di Dunia Dengan Kualitas Terbaik. Bisa Beli?

www.zehrabilgisayar.net, properti – Tak bisa di pungkiri lagi kalau kayu memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia. Mulai dari Furniture hingga keperluan bermusik semuanya menggunakan kayu. Dari ribuan pohon di bumi ada beberapa jenis kayu yang dihargai dengan harga yang fantastis. Harga tersebut dipengaruhi beberapa hal yaitu Keawetan, Keindahan penampilan, Kelangkaan.

Berikut beberapa kayu dengan harga fantastis yang harus kamu ketahui.

  • Kayu Gaharu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Agarwood atau gaharu di Indonesia merupakan salah satu kayu termahal di dunia. Kayu yang berasal dari pohon aquilaria ini memiliki aroma yang sangat harum sehingga banyak perusahaan parfum yang memanfaatkan resinnya. Warna kayu sebenarnya berwarna terang, namun warna berubah menjadi gelap dihasilkan oleh getah yang merupakan infeksi jamur sebagai respon pertahanan.

Gaharu dihargai Rp 25 juta per kilogram di pasaran Internasional.

  • Kayu Eboni

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kayu yang satu ini biasa dipakai untuk pembuatan alat-alat musik seperti biola, piano, gitar. Pohon ini bisa tumbuh hingga 40 meter, kayu ini juga tenggelam di dalam air karena kepadatannya. Memiliki tekstur yang baik sehingga kayu ini banyak digunakan untuk furnitur kualitas premium.

Eboni dihargai sebesar Rp 7 juta per meter kubik karena kualitas yang bagus dan warna hitam yang merata.

  • Kayu Bubinga

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kayu ini berasal dari Benua Afrika. Kayu ini sering dipakai untuk membuat alat musik karena dapat menghasilkan suara yang baik.

Dengan kualitas yang baik kayu ini di hargai Rp 5-6.5 juta per meter kubiknya.

  • Tigerwood

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tigerwood merupakan kayu yang tumbuh alami sehingga tidak dapat dibudidayakan. Kelebihan dari kayu ini adalah serat kayu ini sama bagusnya ketika di potong dari sudut manapun. Hal inilah yang membuat tigerwood sangat mahal sehingga kayu ini dijual dengan dalam bentuk lembaran tipis. Jika yang biasa meja jati dengan laci jati adalah Rp 2.5 juta, maka untuk harga meja jati dengan laci dengan menggunakan tigerwood bisa mencapai Rp 6.5 juta.

  • Kayu Purple Heart

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kayu ini ditemukan di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Kayu ini awalnya coklat tua akan berubah menjadi merah muda setelah lama ditebang. Kayu ini telah digunakan sejak lama karena banyak sekali barang kuno yang menggunakan kayu yang berbahan dasar purple heart. Mengingat pengolahannya yang sulit membuat kayu ini dihargai US$180-280 per meter kubik.

  • African Blackwood

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kayu african ini mampu tumbuh hingga 4-15 meter. Kayu ini sangat kuat dalam melawan pembusukan dan tahan serangan serangga sehingga sering dipakai untuk alat musik seperti gitar dan clarinet. Puncak pertumbuhan african blackwood membutuhkan waktu 60 tahun. Di pasar domestik kayu ini dijual dengan harga Rp 7-10 juta sedangkan di pasar internasional kayu ini dapat mencapai Rp 25 juta per meter kubiknya.