7 Cara Menanam Lidah Buaya Di Rumah

www.zehrabilgisayar.net, pertanian – Tanaman lidah buaya atau yang sering kita sebut dengan tanaman aloe vera ini banyak sekali manfaatnya. Tanaman ini bukan hanya sebagai makanan maupun minuman sehat saja tapi saat ini sudah banyak sekali skin care,lotion yang berbahan dasar aloe vera. Selain berkhasiat tanaman ini juga bisa ditanam di halaman rumah.

Tanaman lidah buaya ini bisa kamu tanam dirumah dan caranya cukup sederhana saja. Berikut cara yang bisa kamu coba:

1. Siapkan Polybag Sesuai Dengan Ukuran Yang Kamu Inginkan

Hal pertama yang penting adalah kamu harus menyiapkan polybag untuk menanam lidah buaya. Yang harus kamu perhatikan adalah ukuran polybag yang akan kamu gunakan. Untuk menanam tanaman lidah buaya ini baiknya menggunakan polybag ukuran sedang yang artinya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Jika kamu memiliki kebun atau pekarangan yang luas maka untuk menanam lidah buaya ini sangat efektif dan mudah tumbuh. Lidah buaya sendiri bisa tumbuh sangat banyak dalam waktu yang bersamaan. Jangan lupa beri lubang pada polybagmu agar tanaman ini bisa bernafas dengan baik.

2. Menyiapkan Media Tanam

Cara selanjutnya menyiapkan media tanam. Setelah kamu melubangi polybagmu. Kamu bisa memilih tanah yang kering lalu dicampurkan dengan pupuk pandang atau bisa juga di campur dengan batu apung agar mempercantik media tanam.

Setelah ditanam, tanaman ini akan segera mnemiliki banyak tunas yang tumbuh. Jika tunas sudah tumbuh maka harus segera di pindahkan ke polybag berbeda. Pilihlah pot yang lebar karena lidah buaya mempunyai karakter daun yang banyak dengan tunas yang panjang.

3. Mulai Menanam Lidah Buaya

Sangat penting dalam memperhatikan cara menanam lidah buaya yang benar agar lidah buaya dapat tumbuh optimal. Pertama, pilihlah bibit yang berkualitas dengan ukuran yang kecil. Kedua tanam lidah buaya dengan cara menancapkan ke media tanam. Pastikan pada saat menancapkan bibit ke permukaan dengan kuat, namun tidak terlalu dalam. Karena jika terlalu dalam dikhawatirkan bibit akan membusuk dan mudah roboh di dalam tanah.

4. Beri Perhatian Waktu Penyiraman, Bisa Juga Membuat Jadwal

Tanaman lidah buaya ini tidak terlalu suka dengan air. Lidah buaya sendiri merupakan salah satu tanaman yang dibagian daun berdaging dan kaya dengan air. Yang artinya kamu tidak perlu menyiramnya setiap hari. Siramlah tanaman ini dengan air secukupnya secara rutin dengan takaran yang pas sehingga tanaman tidak mudah membusuk.

5. Menempatkan Tanaman Lidah Buaya dengan Tepat

Lidah buaya sebaiknya di letakkan di tempat yang teduh namun langsung terkena sinar matahari. Alasan harus taruh di tempat yang teduh adalah agar bentuknya terjaga dengan baik dan tetap cantik dan ia harus terkena sinar matahari langsung agar dapat berfotosintesis secara sempurna.

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang dapat diletakkan di dalam maupun di luar ruangan. Caranya adalah siang hingga sore tanaman lidah buaya ini kamu letakkan di luar ruangan dan pada saat malam hari kamu bisa masukkan lagi ke dalam ruangan sebagai tanaman hias.

6. Merawat Tanaman Lidah Buaya Sesuai Dengan Karakteristik Tanaman

Dalam menanam tanaman ini tentu kamu harus lakukan perawatan. Jika bagi kamu yang menanam nya di dalam polybag maka harus memperhatikan sistem pemupukan dimana kamu harus memberi pupuk organik atau NPK secukupnya setiap dua minggu sekali dengan takaran 2 gram per polybag. Dengan melakukan perawatan yang dianjurkan maka lidah buaya akan tumbuh sehat dengan hasil yang maksimal.

7. Memetik Hasil Panen

Jika lidah buaya sudah berumur kurang lebih 7 bulan, maka kamu sudah boleh memetik hasil nya dengan menggunakan pisau. Usahakan memetik dari daun yang terluar, agar tanaman lidah buaya tetap terlihat cantik.

Dari daging lidah buaya ini bisa kamu manfaatkan untuk banyak hal atau jika banyak bisa juga kamu jual. Selain kamunya sehat kamu juga memperoleh pundi-pundi tambahan.

Berminat untuk mencoba menanam di rumah? Dari beberapa cara diatas akan sangat membantu kamu yang tertarik di dalam menanam lidah buaya ini.