Ubi Jalar Indonesia Mulai Diminati Negara-Negara Lain

 

Zehrabilgisayar.Net-,Jakarta Pusat– Pasar Jepang Dan Korea sudah mulai melirik ubi jalar petani idnonesia,Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi mengatakan bahwa ubi jalar indonesia merupakan tanaman ubi yang sangat bagus yang membuat para negeri tetangga sudah mulai melirik hasil panen ubi jalar petani indonesia. Semenjak era pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kala pengembangan budidaya ubi jalar Indonesia semakin berkembangan dan hasil yang di panen sangat membuat para petani ubi jalar sangat senang,ujar Suwandi,yang di kutip Zehrabilgisayar.Net- jakarta Rabu (07/08).

Ubi jalar Indonesia sudah mulai di minati oleh pasar jepang dan korea sehingga kemungkinan besar negeri tetangga sudah mulai ingin menawarkan harga untuk ubi jalar petani indonesia. Di jepang dan Korea ubi jalar merupakan bahan pangan yang sedang trend untuk kebutuhan sehari hari mereka apalagi jika ubi jalar imdonesia bisa masuk sepenuhnya ke pasar negeri tersebut pasti akan terjadi peningkatan volume ekspor dari tahun ke tahun.

Tercatat bahwa pada tahun 2016 ekspor ubi jalar 9.592 ton dengan nilai ekspor Rp 108 Milyar dan meningkat tahun 2018 sebesar 10.856 ton dengan nilai ekspor Rp 137 Milyar. Hingga bulan Juni 2019 ekspor ubi jalar telah mencapai 4.856 ton dengan nilai ekspor Rp 55 Milyar.

Pada 2018 produksi ubi jalar mencapai sebesar 2,02 juta ton dengan cakupan wilayah sentra di 12 Provinsi seperti Sumut, Sumbar, Jambi, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTT, Sulawesi Selatan, Maluku Utara dan Papua dan tersebar di 68 Kabupaten,laporan yang di dapatkan oleh Zehrabilgisayar.Net.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi juga menegaskan bahwa untuk memasukin pangan ekspor tentunya para petani dan kementan harus sama sama berusaha untuk menjadi bahan pangan indonesia semakin bagus nya produksi yang bermutu dan sisi lain kita harus sama sama mempromosikan pangan indonesia biar semua negeri tahu bahwa pangan di indonesia merupakan kualitas yang sangat bermutu.

Yang harus diketahui bahwa bukan hanya jepang dan korea saja yang minat dengan ubi jalar indonesia namun banyak yang minati seperti negera Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Hongkong, Thailand, China dan USA dan

kementan dan petani ubi jalar Indonesia akan saling membantu mengasih saran dan solusi untuk membuat bahan Pangan seperti ubi jalar indonesia semakin di minati oleh negara-negara lainnya.