Ternak Sebagai Sumber Tenaga Kerja dan Ini Beberapa yang Bisa di Dapatkan Keuntungan Dalam Berternak.

Selain sebagai sumber protein dan kalori yang cukup tinggi ternak dimanfaatkan oleh masyarakat pada negara maju untuk dimanfaatkan dalam bidang pertanian antara lain sebagai sumber tenaga kerja, pupuk, tabungan serta meminimalisir resiko dalam kegiatan usaha tani.

Berternak juga merupakan inovasi pertanian yang cukup banyak menaikkan kapasitas produksi pangan yaitu digunakannya hewan untuk mengolah tanah atau membajak. Hal ini telah berlangsung setelah digunakannya irigasi sejak tahun 3000 SM, kemajuan baru ini telah memungkinkan penggunaan bagian makanan kasar atau roughage dalam bentuk energi yang tidak dapat dicerna oleh amanusia, akanĀ  tetapi bisa dicerna oleh hewan menjadi produk ternak yang kemudian dapat dimakan oleh manusia.

Selain pentingnya ternak untuk dapat dikonsumsi bagian daging, susu dan telur, masih ada sejumlah fungsi lain yang juga memiliki peranan ekonomis untuk peningkatan pendapatan atau tabungan seperti diolah pada bagian kulit setelah dimasak, tepung tulang, bahan industri, bahkan untuk obat-obatan, ternak percobaan, sebagai hiburan atau hobi (fancy breeding), fungsi sosial budaya seperti untuk korban, dan bahan perlengkapan perkawinan.

Dan bagian kotoran berternak juga bisa menghasilkan keuntungan yang sangat besar,yang kita ketahui bahwa kotoran hewan sangat lah berguna dalam tumbuhan supaya tumbuhan itu bisa dengan cepat dan menghasil buah/sayur yang segar dan bagus. Namun dalam itu semua ada nya peran kotoran hewan dan jika ingin menjual kotoran hewan tersebut juga bisa mendapatkan untung sangat lah besar.

Sebagai bahan industri produk ternak juga cukup penting untuk kelangsungan hidup manusia. Kulit yang telah disamak dapat digunakan sebagai bahan cornet beef, wool, sepatu, tas, jaket, lem, gelatin dan tepung tulang. Bahkan insulin pada ternak juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes yang diektraksi dari pankreas sapi, babi dan kerbau.

Dan ini jenis jenis perternakan yang sangat menghasil kan keuntung yang sangat besar yaitu :

*- Ayam,Bebek,Kambing,Sapi,Domba dan lainya.